Halaman

Slideshow

Jumat, 07 Januari 2011

Graphical Web Server with Ubuntu

Alternatif bagi yang belum terbiasa dengan Text based nya linux — alias belum hapal –
kenapa Ubuntu? Ubuntu adalah salah satu distro dari Linux Debian. Yang pasti karena mudah dan aman digunakan, dukungan pengembangan dari distro juga terjamin. Pada saat ini kita gunakan ubuntu gutsy (7.10)
Langkahnya :

  1. Install Ubuntu Linux (seperti halnya instalasi windows, hanya tinggal masukan CD dan next-next terus). hanya pada saat bagian partisi, saya rekomendasikan membuat manual. dan buat minimal 3 partisi, dan beri mount point pertama /, /home dan swap (asumsi hanya untuk linux aja, ga ada windows misal). kalo instalasi udah selesai dilanjut ..
  2. Konfigurasi master aplikasi (repositori) dapat dibaca di http://pegel.blogdetik.com/2008/02/05/se… atau saya copykan dibawah ini (thanks to pegel)
sebenarnya proses repositori ubuntu tersimpan dalam file /etc/apt/sources.list artinya kita cuman butuh mengedit file ini untuk seting repositori dari manapun.secara umum penulisan didalamnya memiliki format sebagai berikut:
deb protokol:/path/repo/codename codepacket
misal untuk mengakses repositori dari web site, maka protokol yg digunakan adalah http dan ftp, sedangkan untuk repositori lokal dapat menggunakan file ataupun cdrom. berikut ini contoh pengaksesan repo menggunakan beberapa cara yg berbeda
deb http://repo.ugm.ac.id/ gutsy main # akses dari http
deb ftp://ftp.repo.ugm.ac.id/ gutsy main # akses dari ftp
deb file:/home/repo/dvd1/ gutsy main # akses dari harddisk lokal
deb cdrom:/media/cdrom/ gutsy main # akses dari cdrom
saya sudah punya dvd repo ubuntu nih. trus bagaimana sekarang ? pertanyaan yg harus diajukan seharusnya adalah apakah anda ingin mengcopy seluruh dvd repositori ke harddisk anda atau tetap menggunakan dvdromnya saja. ok saya bahas satu persatu.
membuat repositori dari harddisk lokal (pastikan anda pindah jadi root dengan perintah sudo su, atau mengawali semua perintah dibawah ini dengan sudo )
  1. persiapkan direktori di harddisk anda untuk menempatkan masing2 isi dvd repo
  2. ketik: mkdir /repo; cd /repo; mkdir dvd1 dvd2 dvd3 dvd4 dvd5
  3. kopikan masing2 isi dvdrom sesuai dengan direktori yg telah kita buat. misal isi dvd1 kita masukan kedalam direktori /repo/dvd1, begitu seterusnya hingga semua isi dvd terkopi kedalam harddisk.
  4. backup file sources.list dengan perintah: mv /etc/apt/sources.list /etc/apt/sources.list.asli
  5. edit isi sources.list dengan perintah: gedit /etc/apt/sources.list
  6. isinya sebagai berikut:
    deb file:/repo/dvd1/ gutsy main
    deb file:/repo/dvd2/ gutsy main multiverse restricted
    deb file:/repo/dvd3/ gutsy universe
    deb file:/repo/dvd4/ gutsy universe
    deb file:/repo/dvd5/ gutsy universe
  7. simpan, kemudian update repositori dengan perintah: apt-get update
  8. jika tidak muncul kesalahan, artinya anda sudah sukses membuat repositori lokal
bagaimana kalau harddisk saya gak muat menampung seluruh isi dvd? langkahnya adalah begini:
  1. jalankan synaptic package manager (system - administration - synaptic package manager)
  2. pilih menu settings - repositories
  3. pilih tab third party
  4. klik tombol AddCdrom
  5. ketika muncul konfirmasi, masukan dvd repo kedalam romdrivenya
  6. klik ok untuk mulai proses
  7. setelah selesai akan ditanya nama, isikan sesuai dengan urutan dvd biar tidak bingung. misal dvd1 untuk dvd repo 1 dan seterusnya.
  8. ulangi langkah diatas hingga semua dvd dikenali sistem
  9. hilangkan tanda centang pada pilihan repositori selain dari cdrom, jika tidak ubuntu akan mencarinya dan proses update gagal
  10. klik tombol reload dan repositori ubuntu anda sudah siap untuk digunakan.
lalu bagaimana klo komputer dikantor saya jaringan ? caranya adalah dengan mengeset komputer yang telah diseting repositorinya sebagai repositori server, yaitu dengan cara menginstall aplikasi web server dengan perintah: apt-get install apache2 php5
kemudian buat symbolik link ke dalam direktori /var/www supaya bisa diakses oleh komputer lain dalam jaringan dengan perintah: sudo ln -s /repo/ /var/www
sekarang tinggal mengubah file sources.list milik client dengan mengarahkan repositorinya ke komputer server, misal komputer server memiliki ip 192.168.0.1, maka repositori client harus diubah menjadi seperti ini:
deb http://192.168.0.1/repo/dvd1/ gutsy main
deb
http://192.168.0.1/repo/dvd2/ gutsy main multiverse restricted
deb
http://192.168.0.1/repo/dvd3/ gutsy universe
deb
http://192.168.0.1/repo/dvd4/ gutsy universe
deb
http://192.168.0.1/repo/dvd5/ gutsy universe
nah sekarang tinggal ketikan apt-get update untuk mengupdate source listnya
  1. … install …
  2. … konfigurasi … lanjutannya
  3. Install Aplikasi yang diperlukan. Bawaan aplikasi untuk instalasi ubuntu menggunakan synaptic. menu ada di system > administrasi > synaptic . Pilih aplikasi yang akan diinstall untuk web server menggunakan search dari synaptic dan tandai akan diinstall, minimal :
    1. apache2
    2. php5
    3. php-mysql
    4. mysql-server-5.0
    5. phpmyadmin (untuk administrasi database berbasis grafis web)
    6. dan yag lain bisa dipilih …
    kalau udah semua di tandai di install terus klik apply dan proses instalasi akan dimulai.
  4. Webserver siap digunakan. Untuk menjalankan konfigurasi apabila diperlukan hak akses root, silahkan gunakan root, baik menggunakan perintah sudo nama perintah maupun menggunakan nautilus dari root (mulai dengan membuka terminal dan ketikkkan sudo nautilus). apabila diperlukan sebaiknya beberapa konfigurasi dirubah juga, beberapa diantaranya :
    1. ubah konfigurasi site-enabled di /etc/apache2/site-enabled/default.000 . tambahkan alias atau document root sesuai yang anda tentukan. alternatif lain, anda bisa membuat symbolic link, artinya membuat seolah-olah direktori / file ada dalam suatu direktori tersebut, namun sebenarnya ada di direktori lain. langkah buat symbolik link sangat mudah menggunakan nautilus bawaannya ubuntu , sbb:
      1. klik kanan direktori/ file yg akan dbuat simbolic linknya. >> lalu plih make link. misal direktori data-web
      2. akandibuat file dg nama link to nama direktori/file asli (tipe link, kalo dilihat propertinya. dalam contoh akan muncul menjadi link to data-web.
      3. tinggal pindahkan ke direktori dimana direktori asli akan diakses langsung, gunakan cut dan paste
      4. kalo udah di paste di direktori yg akan mengaksesnya ubah nama link to nama direktori/file tadi langsung dengan nama baru. contoh link to data-web akan diganti html
      symbolic link udah jadi. misal default document-root ada di /var/www/ maka bila file symbolic link tadi bila ditempatkan di /var/www/ maka isi direktori data-web akan dapat diakses dari /var/www/html/ . hal ini sangat membantu untuk menempatkan data aplikasi web di tempat lain tanpa mengubah alias atau document root webserver kita.
    2. Begitupun juga dengan konfigurasi mysql, data direktori dapat diubah ke direktori lain. cari file /etc/mysql/my.cnf dan ubah data-direktori ke direktori /home/… biar data aman bila system / (root) diinstall ulang dan diformat :D . sebelum diubah, matikan servise mysql dengan perintah /etc/init.d/mysql stop . lalu copykan direktori /var/lib/mysql ke direktori baru, misal /home/..user../ dan rename mysql dg nama lain. kalo udah jalankan lagi mysql /etc/init.d/mysql start
  5. sampai disini minimal webserver siap digunakan, silahkan menulis script php dan database menggunakan mysql

0 komentar:

Posting Komentar

stat

wibiya widget

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger